Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar

Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar.  Dikehidupan ini setiap orang dihadapkan pada kenyataan hidup yangmana Kenyataan itu kadang ada yang berbentuk positif dan terkadang negatif, ada yang memuaskan ada yang tidak, ada yang menyenangkan ada yang menyusahkan, dan ada yang menurut kita baik ada yang buruk. Bagi orang yang beriman kepada qadha dan qadar, apapun kenyataan dan peristiwa yang dialaminya, akan ditanggapi dan diterima secara positif. Sebaliknya, bagi orang yang tidak beriman kepada qadha dan qadar, kenyataan apapun yang diterima ditanggapi dan diterima secara negatif.

Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar

  1. Bertawakal kepada Allah SWT setiap melakukan suatu usaha sebab usaha yang dilakukannya dan hasil yang akan diperoleh semuanya terjadi dengan Qadha Dan Qadar Allah SWT
  2. Memperoleh ketenangan jiwa dan kedamaian hati bilamana dia mengetahui semua yang terjadi dengan Qadha (ketentuan) Allah SWT dan apa yang ditakdirkan akan terjadi walaupun tidak diinginkannya maka tenanglah jiwanya dan damailah hatinya. Maka tiada seorang pun yang lebih bahagia hidupnya lebih tenang jiwanya dan lebih damai batinnya dibandingkan dengan orang yang benar benar beriman kepada Qada Dan Qadar.
  3. Tidak bersikap sombong dan membangkan diri ketika memperoleh apa yang diiginkannya. Sebab apa yang diperoleh adalah karunia yang diberikan Allah melalui sebab sebab kebaikan dan kesuksesan yang telah ditakdirkan. Dengan demikian dia senantiasa akan selalu bersyukur kepada Allah atas karunianya tersebut dan tidak membanggakan diri.
  4. Tidak merasa sedih dan kesal hati disaat apa yang diiginkan tidak tercapai atau apa yang tidak disenangi menimpa dirinya. Karena itu terjadi karena Qadar Allah SWT yang hanya miliknya kekuasaan langit dan bumi. Oleh karena itu maka senantiasa akan bersabar dalam menghadapinya dan mengharapkan pahala disisi Allah SWT.
Hal ini Disyaratkan Oleh Allah SWT dalam Firmannya Yang Artinya
“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul-Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [QS. Al-Hadid : 22-23].

Baca Juga 
  1. Manfaat Iman kepada Allah Beserta Asma’ dan Sifat-Nya.
  2. Manfaat Beriman Kepada Malaikat
  3. Manfaat Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah
  5. Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat
  6. Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar
dikutip dari berbagai sumber.

Post a Comment for "Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar"