Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat



Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat. Percaya dan yakin akan tibanya hari akhir merupakan kepercayaan prinsip dalam Islam, yang artinya bahwa suatu saat nanti alam semesta akan mengalami kehancuran total dan semua mahluk hidup akan mengalami kematian setelah ditiupnya sangkakala yang pertama oleh Malaikat Isrofil. Kebangkitan kembali akan terjadi setelah adanya tiupan sangkakala yang kedua, kemudian dilanjutkan dengan pertanggung jawaban manusia akan semua yang telah diperbuatnya di dunia, inilah awal dari kehidupan akhirat yang kekal, tempat manusia menerima pembalasan yang hakiki dari Allah swt. yaitu berupa surga dengan segala kenikmatannya yang tiada tara bagi mereka yang benar-benar bertaqwa sedangkan neraka dengan segala kepedihan siksanya bagi mereka yang durhaka. Kehancuran total alam beserta isinya merupakan periode pertama dari hari akhir atau kiamat, sedangkan periode kedua adalah kiamat dalam arti kebangkitan kembali dari kematian atau juga disebut dengan Yaumul Baats.

Atau dapat disimpulkan bahwa Hari akhir atau hari kiamat adalah hari saat makhluk-makhluk Allah hancur atau binasa. Pada hari itu semua yang ada di dunia akan hancur lebur berantakan seperti anai-anai yang beterbangan. 

Dengan Percaya terhadap hari kiamat atau Beriman kepada hari kiamat artinya adalah mempercayai dengan sepenuh hati bahwa hari kiamat itu pasti akan datang dan seluruh ummat manusia akan kembali dibangkitkan dari alam kubur untuk menerima pengadilan dari Allah swt sebagai hakim yang Maha Adil. 

Berikut adalah manfaat Iman Kepada Hari Kiamat.


  1. Berusaha dengan sungguh-sungguh untuk senantiasa menjauhkan diri dari perbuatan maksiat karena takut akan azab pada hari tersebut.
  2. Memberikan kabar gembira kepada orang yang beriman, bahwa kenikmatan dan kesenangan yang belum diperolehnya didunia akan diterima diakhirat.
Baca Juga 
  1. Manfaat Iman kepada Allah Beserta Asma’ dan Sifat-Nya
  2. Manfaat Beriman Kepada Malaikat
  3. Manfaat Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah
  5. Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat
  6. Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar

Semoga penjelasan singkat tentang Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat dapat bermanfaat. 

Dikutip dari berbagai sumber

Post a Comment for "Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat"