Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah

Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah Iman kepada rasul-rasul Allah, seperti halnya iman kepada kitab-kitab Allah, merupakan konsekuensi logis atau akibat langsung dari iman kepada Allah. Keberadaan Rasul-rasul Allah ini juga terkait dengan keberadaan kitab-kitab-Nya. Para rasul Allah inilah yang mendapatkan amanat menerima wahyu atau pesan-pesan Allah yang terkumpul ke dalam kitab, yang kemudian di sampaikan kepada umat manusia umumnya.

Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Manfaat iman kepada kitab-kitab Allah. Karena wahyu Allah itu akan menjadi pedoman bagi kehidupan manusia, maka wajarlah apabila untuk keperluan tersebut ditunjuk orang yang akan menjadi perantara sampainya pedomantersebut. Dengan demikian mengimani para rasul merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mengimani kitab Allah. Allah berfirman: yang Artinya:

“Tetapi kebaikan itu ialah orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat, kitab, dan para nabi”(QS. al-Baqarah (2): 177).

Kerasulan atau kenabian adalah pemberian dari Allahkepada seorang hamba-Nya yang dikehendaki dengan tidak didahului oleh suatu usaha tertentu. Kerasulan seseorang tidak diperoleh melalui suatu usaha dari yang bersangkutan. Kerasulan sesorang semata-mata merupakan pemberian Allah. Allah memberikan titel kerasulan ini kepada siapa yang dikehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Allah berfirman: yang Artinya:

“Sesungguhnya Allah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga ‘Imran atas seluruh alam” (QS. Ali ‘Imran (3): 33).

Seperti disebutkan di muka, para nabi merupakan teladan bagi sekalian umatnya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi seorang yang menjadi teladan memiliki sifat suci dari dosa, bahkan lebih dari itu, dia harus memiliki akhlak yang luhur. Untuk kepentingan tersebut, Allah akan menjaga dan memelihara para nabi dan rasul-Nya dari melakukan perbuatan-perbuatan salah dan dosa. Keadaan yang demikian dari para nabi dan rasul disebut ma’shumatau suci dari dosa. Allah menyatakan dalam al-Quran: yang Artinya

 “Tidak mungkin bagi seorang Nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang”(QS. Ali ‘Imran (3): 161).

Beberapa makna Manfaat Iman kepada para rasul Allah
  1. Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang menginginkan agar manusia dapat menjalani kehidupan mereka di dunia dengan baik dan benar. Oleh karena itu, ditunjuklah di antara hamba-Nya untuk menjadi peran tara sampainya  bimbingan tersebut.
  2. Tidak semua umat manusia dapat menerima bimbingan dan petunjuk yang dibawa seorang rasul atau nabi. Tidak semua orang dapat menerima bimbingan dan petunjuknya, sekalipun dinyatakan bahwa bimbingan dan petunjuk itu baik  dan benar adanya. Ada kecenderungan dalam diri umat manusia untuk mengikuti hawa nafsunya.
  3. Untuk mengajak manusia ke jalan yang baik dan benar ternyata tidak mudah, diperlukan adanya kerja keras dan kesabaan. Para nabi dan rasul menghadapi tantangan yang berat bahkan sangat berat ketika mereka menyampaikan ajaran-ajaran Allah. Namun demikian, seberat apa pun tantangan itu, mereka menghadapinya dengan sabar. Sampai akhirya, mereka pun kemudian berhasil. 
Baca Juga
  1. Manfaat Iman kepada Allah Beserta Asma’ dan Sifat-Nya.
  2. Manfaat Beriman Kepada Malaikat
  3. Manfaat Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah
  5. Manfaat Iman Kepada Hari Kiamat
  6. Manfaat Iman Kepada Qada Dan Qadar

Sumber Referensi
Dr. Marzuki, M.Ag. Dosen PKn dan Hukum FIS UNY

Post a Comment for "Manfaat Iman Kepada Para Rasul Allah"